Ritual Bersih Dam Bagong

Senin, 05 Maret 2012



Ritul tersebut berawal mula pada abad pertengahan 26 yaitu  Menak Sopal yang mengkhawatirkan akan gegalan panen masyarakat Trenggalek karena saat itu dilanda kekeringan yang berkepanjangan. Sehingga beliau mengajak masyarakat untuk membangun dam yang diberi nama Dam Bagong yang nantinya Dam tersebut difungsikan sebagai irigasi sawah. Namun dalam pembangunan dam tersebut tidak berjalan mulus karena beberapa kali dam tersebut ambruk. Saat itu Menak Sopal melakukan pertapaan untuk mendapatkan petunjuk dan dia mendapat petunjuk untuk menyelesaikan pembangunan Dam tersebut harus mengorbankan seekor gajah putih. Sedangkan gajah putih tersebut hanya dimiliki oleh seorang yang bernama Nyi Krandon di ponorogo. Singkat cerita Menak Sopal berhasil meminjam gajah putih yang konon adalah pemberian almarhum suaminya. Gajah itupun akhirnya dikorbankan sebagai tumbal pembangunan Dam tersebut. Disinilah terjadi kontrofersi karena Nyi Krandon tersebut tidak mengetahui bahwa gajah putih kesayangannya dijadikan korban untuk pembangunan Dam tersebut. Sampai saat ini akhir dari polemic tersebut masih banyak diperbinjangkan dan terdapat beberapa versi ending cerita. 


Namun saat ini ritual penumbalan gajah putih terus dilaksankan untuk menghormati para leluhur. Akan tetapi gajah putih tersebut diganti dengan kerbau putih dengan cara di penggal kepalanya dan dilempar kedalam Dam. Kemudian warga setempat mengumpulkan kembali daging kerbau yang di buang ke Dam sebagai bentuk berkah untuk warga. Dari ritual itulah berkembang tradisi Bersih Dam Bagong yang selalu diselenggarakan pada hari Jumat Kliwon. Acara tersebut dilangsungkan didam bagong yang terletak didekat pemakaman umun dan makam Menak sopal. Selain itu juga diadakan acara Wayangan didepan makam Menak Sopal.


0 komentar:



Cuteki free cards

KOMENTAR

kenalan yuk....

Foto saya
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia
Paket Wisata Trenggalek Kami menyediakan paket tour dan wisata ke Trenggalek dengan berbagai pilihan paket mulai dari Paket 2 Hari - 1 Malam, 3 Hari - 2 Malam dan kombinasi paket. Hubungi Kami Travelnet Telpon : 082134435718

Pengikut

  • Share
  • [i]
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

About

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blogger templates

Labels